Dorong Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha dan Melek Investasi

0
233
Romi Susanto (Foto: Istimewa)
Romi Susanto
ASPEKBISNIS.COM: “The true entrepreneur is a doer, not a dreamer,”
Begitulah kata Romi Susanto (42) di depan mahasiswa Universitas Widyagama Malang beberapa waktu lalu.
Romi yang Kepala Kantor Cabang Corpus Malang sedang berbagi pengalaman menjadi pelaku wirausaha kepada ratusan mahasiswa di kampus itu.
“Saya melihat upaya mendorong jiwa kewirausahaan kepada generasi milenial harus terus dilakukan bukan sebatas wacana, “ kata Romi yang juga menggeluti bisnis air minum dalam kemasan itu.
Apalagi kata Romi para generasi muda milenial ini saat ini banyak dimudahkan dengan pesatnya kemajuan tehnologi informasi yang memungkinkan mereka banyak menerima akses informasi mencetak penghasilan secara mandiri.
“Saya tidak mau generasi penerus bangsa ini hanya sebagai penonton dan sebatas konsumen empuk yang mengeluarkan uang untuk membeli gadget saja, melainkan harus menjadi pelaku usaha, “ katanya yang juga owner dari www.loveusaha.com
Tidak hanya mampu berjiwa usaha mandiri, kata Romi, para generasi muda milenial juga harus dibekali ilmu perencana keuangan (financial planner).
“Dengan perencanaan keuangan yang tepat dan memilih produk keuangan secara benar maka para usahawan muda ini akan mampu bersaing dengan pengusaha di tingkat global, “ kata Romi yang juga mantan banker itu.
Romi mengatakan untuk berinvestasi di pasar uang dan pasar modal juga harus selektif karena saat ini banyak produk keuangan yang ditawarkan oleh perusahaan keuangan.
“Jangan sampai salah dalam menerima informasi secara sepihak saja namun investor harus mengecek informasi yang ada di website resmi otoritas keuangan seperti OJK dan KSEI, “ kata Romi yang tergabung dalam City Friends Financial Advisor itu.
Untuk mendorong jiwa wirausaha dan melek investasi, Romi akan roadshow ke beberapa perguruan tinggi di Malang. (*/ABC)